Jumat, 05 November 2010

objek wisata di kalimantan tengah

Kalimantan tengah terkenal akan potensi wisata alam yang berupa wisata hutan atau cagar alam (Bukit Raya dan kelompok Hutan Monumental) di Kotawaringin Timur; Bukit Sapat Hawung di Barito Utara; Merang di Kota Palangkaraya; suaka alam, darat, dan laut di Kotawaringin Barat; air terjun Malau Besar dan Pauras di Barito Utara; Tangkiling di Palangkaraya; pantai yang indah dan alami di Kotawaringin Barat; serta Ujung Pandaran di Kotawaringin Timur. Itulah beberapa obyek wisata alam yang indah di daerah Kalimantan Tengah.
Adapun beberapa objek wisata yang lain yang dapat di nikmati oleh wisatawan antara lain:
  • Taman Nasional Tanjung Puting yang ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir ,Sister Park dengan negara MalaysiaTaman Nasional Tanjung Puting merupakan lokasi pertama di Indonesia sebagai pusat rehabilitasi orang utan diTanjung Harapan.
    Pengamatan tertutup orang utan di Camp Leakey , Pondok Tanggui.
  • Bukit tangkiling,Obyek wisata ini berjarak sekitar ± 34 Km dari Pusat Kota Palangka Raya, dengan waktu tempuh kira - kira 45 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan melewati jalan aspal dan untuk mencapai ke puncak bukit dengan melewati jalan setapak.
    Lokasi obyek wisata ini secara geografis Terletak secara geografis terletak di Kelurahan Banturung dan Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu.
    Luas keseluruhan kawasan wisata ini adalah 2.594 Ha, dengan rincian sebagai berikut : Cagar Alam seluas 2.061 Ha dan Taman Wisata Alam seluas 533 Ha.
  • wisata Arboretum yaitu taman hutan percontohan. Merupakan hutan lindung dan langka di tepi Danau Tahai. Obyek wisata ini berjarak sekitar 29 Km dari pusat Kota Palangka Raya, dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan beraspal yang masih bagus.
    Di lokasi Taman Arboretum ini tumbuh berbagai jenis pepohonan, seperti geronggang, meranti, cemara, madang tampang, mahang, kamisi ( jambu - jambuan, rambangun, kahui ( balangiran ) dan sebagainya. Kawasan ini selain sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai obyek penelitian flora.
  • Di Kabupaten Barito Selatan terdapat obyek wisata alam Liang Ayah yang tedapat di dalam sebuah gua, di Barito Timur terdapat Liang Saragih juga dalam sebuah Goa. Sedangkan wisata alam di Barito Utara terdapat sebuah cagar alam berupa hutan lindung, di Kabupaten Lamandau banyak terdapat wisata alam berupa batu-batu riam di tengah sungai sehingga daerah ini sangat menarik untuk dijadikan tempat kegiatan Arung Jeram terutama di Riam Keladu.
     

     

     

1 komentar:

  1. http://wildadventure-centralborneoisland.blogspot.com/

    ha;;o ibu tabita,,gabung ya di blog ku,,hidup borneo central

    BalasHapus